Ideal Cut Jakarta 2018: Histeria yang Nyata dan HQQ

ALHAMDULILLAH akhirnya aku sudah cukup waras untuk berbagi pengalaman menonton anak ayamku SEVENTEEN untuk kedua kalinya kepada kalian semua. Tapi tetep ya, aslinya dalam hatiku masih remuk redam dan ingin jumpa lagi huhuhu tanpa banyak cingcong mari kita langsungkan saja.. sebelum ingatannya makin memudar termakan kegalauan /bukan sih. Kalo tidak kronologis dan kebanyakan histeria mohon dimaafkan ya, aku memang alay.

Ceritanya dimulai dari awal ya.. sebelum pengumuman tanggal. Aslinya sih berdoanya diriku itu kalo bisa akhir tahun atau awal tahun depan aja ya sekalian, biar duitnya nggak megap-megap banget gitu lo (ya emang bukan sultan ya mbak mas sekalian, kalo sultan bodoamat kita duitin aja).

Emang malang tak dapat dicegah, untung itu sodaranya donal bebek.

Keluarlah poster dengan tanggal yang cukup DEKAT.

post-icjkt
GUANTENG NEMEN KAN AMBYOR TENTU SAJA LANGSUNG. *sembah*

Ya Allah, tanggalnya 16 September, hari Minggu pula. Pusing kepala ini kenapa nggak Sabtu aja gitu, jadi aku bisa nggak usah cuti gitu lo. Liat duit juga sedikit ketir-ketir sister, haruskah aku jadi tukang cuci piringnya Hong Jisoo tentu kan nggak juga.

Dan tahun ini niatnya nggak ikut tur, karena waktunya nggak nutut kalo naik kereta api mengingat jatah cuti yang udah tipis bagai buku tulis sidu yang sudah dicabutin, jadi akhirnya aku pun berkongsi dengan Mbak Adelia untuk mengayomi diriku selama di Jakarta. Pesan akomodasi terdekat dengan venue tentu saja Santika ICE BSD. Terus pesawat beres, tinggal cari tiketnya.

Karena aku males ruwet, tentulah langsung jastip. Jastipnya di mana maciks? Kayak tahun kemarin, aku memercayakan uangku kepada sodari Ayu untuk membelikan diriku selembar tiket. Alhamdulillah meskipun ga depan-depan amat tapi cukup oke lah ya. Indeed, her golden hand.

IMG_20180916_163140_HDR
Duduknya di E-12.

Ini udah lumayan lo sister, mengingat yang lain-lain ada yang dapat rownya sampe I. Masih depan lah ya. Tapi ya gitu, di Indonesia tiketnya ga bergambar anak ayam, cuma ada tulisannya Indotix hukelah tapi itu tidak penting yang penting bisa masup.

Sebenarnya berangkat ini bukannya drama-free, wong malah hampir ga berangkat hahahaha tapi dengan izin Allah akhirnya kita semua berangkat. Aku nggandol Mbak Ade selama hidup di Jakarta (dan Ulfie sebagai roommate!). Kami berdua berangkat hari Sabtu tanggal 15.

Sebagai anak udik yang nggak pernah ke bandara Abdul Rahman Saleh, aku tercengang dan terkejut. IMUT YA BANDARANYA. Oh ya, pas berangkat tuh aku barengan sama Mbak Endah dan Triput. Maaf ya kalian sudah lihat kealayanku dari awal. Habis itu check-in, boarding, dan cabutlah ke Jakarta.

Di pesawat dapat jajan ternyata. Sudah telanjur ku khawatir kalo bakal kelaperan ternyata nggak juga.

IMG_20180915_095424
Dari Sriwijaya Air dapatnya gini. Boleh lah ya daripada hanya berpangku tangan /salah

Terus sampai deh di Jakarta! Kami berdua pisah sih sama Mbak Endah, soalnya Mbak E mau main ke Monas dulu. Mantap soul aku ikut dong /norak. Triput karena rombongannya belum dateng, kami bawa dulu ke hotel biar nggak keleleran kasihan anak orang. Di bandara itulah kami bertemu Ulfie soalnya dia pesawatnya duluan. Terus naik Grab ke hotel.

Ternyata canggih ya, di Soetta tuh nggak usah sembunyi-sembunyi soalnya mereka udah ada pool dan tempat nunggunya sendiri gitu. Jadi kita pesen, terus nunggu di situ. Kalo mobilnya dateng, mas Grab-nya yang udah siaga di tempat nunggunya itu langsung manggilin kita. Memantul bosque di sini kapan nih.

Sampe hotel, kita bergulung, unpack, terus pesen makan. Makannya rice bowl aja soalnya ini yang terjangkau selain fast food. Enak tapi lupa aku foto soalnya udah laper parah. Sorenya sih Mbak Ade sama Ulfie pergi ke AEON, aku di kamar aja sendirian sambil bergulung.

IMG_20180915_181923
Kamar digelapin, AC dipolin, nonton Love Actually. SURGA.

Malemnya mereka datang dengan membawa kekhilafan. Mbak Ade beli kuteks di Miniso, terus dipake deh. Ulfie beli pouch juga. Terus kami bertiga maemnya McD. Kayaknya kami bertiga menggadaikan hidup ke McD sih selama di sini. Ronald McDonald adopt us please.

Sekarang menuju hari konsernya.

Sebagai orang yang terlampau waspada kalau ada sesuatu, aku bangun jam 4 pagi. KETERLALUAN EMANG. Terus buka twitter, eh ya ampun anak-anak tuh udah ada yang antre di venue coba. Pikiranku adalah 1) Ngapain ya pagi buta udah antre apa mau nyapuin ICE, 2) Emang nggak dingin sama laper apa ya, dan 3) Ambisius sekali ini kanak-kanak. Tapi ya dalam diriku panik sendiri juga padahal tidak ada yang perlu dipanikkan.

Aku bangunin Mbak Ade dan Ulfie jam setengah 6 kali ya. Terus kita semua mandi, bersiap, dan sarapan. Aneh nggak sih, sarapan di Santika ini mewah lo tapi ga nafsu gara-gara kayak udah panik sendiri di bawah sadar ini. Uangku melayang dengan indah. Semua yang melayang emang indah, kecuali hantu sama uang. Pas sarapan ini kami bertiga barengan sama stafnya SEVENTEEN, jadi kayaknya stafnya nginep di sini, tapi ya tentu tidak mungkin anak ayam nginep di sini juga. Kalian udah pada antre stafnya aja masih maem sama ngudud, gengs.

Terus siap-siap ke venue, deh. Pada saat seperti ini pasti ada clickbait yang memancing histeria massa, dan pas kami bertiga lewat di lobi, di luar itu pecah sudah ada yang teriak sama lari-lari ke arah hotel. Katanya ada member SEVENTEEN dadah-dadah. Aku sama Ulfie udah keluar, tapi nihil gitu lo gengs. Jebakan belaka. Di luar itu posisi udah rame, udah pada bagi freebies. Aku pengen freebiesnya kak Ash aja udah habis duluan sebelum aku keluar lobi, kasihan kak Ash dikerubungin massa.

Aku juga bagi freebies beserta freebiesnya Cinop dan Ami. Kirain habisnya bakal lama, eh ngga ada 5 menit abis naikin notice di Twitter, aku sudah dirubung oleh anak-anak. Habis langsung tidak bersisa. Sampai aku harus menolak pengunjung /sok ngartis. Kelar bagi freebies, aku ngambil sushi makan siang, terus berburu mbak fansite.

Fansitenya tidak lain tidak bukan adalah Mbak Pinky yang cantiknya sundul langit ketujuh lah ya. Pantes Shua keder liat Mbaknya. Udah putih, langsing, cakep, kaya lagi. Lucunya, begitu mbaknya dateng nih langsung dikerubungin. Emang ndeso kayaknya orang sini jarang liat cewek cakep, sampe mbaknya berkali-kali ngetwit “Jangan foto aku, aku malu.” Habis beli kipas di Mbaknya rasanya harga diri ini jatuh berkeping-keping kayak siapalah aku ini mau saingan sama orang kayak dia.

IMG_20180917_184252
Kipasnya ganteng, sayang kalo dipake kipasan nggak bau Shua. Atau aura mbak Pinky deh. /digamparin

Habis itu balik ke hotel, panasnya setengah mati Jakarta ya ampun. Di hotel terus ketemu teman-temannya Mbak Ade yang baik hati dan banyak banget lagi! Terus aku dapat freebies juga hueee senang sekali. Terus kita bergulung di kamar, makan McD lagi (Ronald McDonald, you hear us?) sama ngadem.

Oh ya, siangnya itu Kak Winda menghampiri aku jauh-jauh dari Bogor! Sama bawain lapis Bogor lagi.. mana aku cuma bertangan kosong huhu maafkan aku Kak Winda. Kita juga ga bisa ngobrol lama soalnya aku harus ngider dan ngecharge energi sebelum masuk venue huhuhuhu. Aku terima kasih banget sudah disamperin ke ICE jauh-jauh dari Bogor. Terharu.

IMG_20180916_123453
Kak Winda muka lelah kena matahari, mukaku lelah habis berdesakan demi kipas Hong Jisoo.

Terus balik ke kamar dengan membawa orang banyak, mendengar cerita, terus bergulung. Teman-teman lain ke venue duluan sih, aku sama Mbak Ade dan Ulfie ke venuenya jam.. setengah 4. Pokoknya pipis dulu lah sebelum ke venue sama minum yang banyak. Gak mau kayak tahun kemarin beli di dalem holding soalnya harganya sangat anu.

Oh ya, sebelum itu sih aku nganter Mbak Renata beli tiket di calo. Mbak Renata ini aslinya temennya Mbak Ade, kami kenalan terusan. Sungguh nekat Mbak satu ini. Tapi akhirnya berhasil juga bisa ke dalam dan jumpa Mingyu.

Akhirnya saatnya masuk holding, dan tentunya wajib berfoto di depan Hall of Fame.

IMG_20180916_163850
Menurut kalian ada yang salah nggak sama Hall of Famenya?

Kalian lihat ada garis merahnya itu nggak? Kita nggak bisa foto mepet sama temboknya. Kesel banget, padahal orang yang sebelum kami tuh bisa. Jadi kayak bapak security tiba-tiba berubah pikiran terus ‘dipagerin ah’.

NANGIS. Kan aku jadi ga bisa mepet Jeonghan gitu lo. Ah gimana sih bapa security kok ga tomodachi gitu sedih. Pose menghamba otomatis gagal total di titik ini. Kalau mau nerobos pagernya aku takut ditangkap terus disakiti. /NGGAK SIH.

IMG_20180916_163927_HDR
Hi Josh, I come to you. Finally.

Kebodohan nomor dua tuh aku tidak membawa atribut Jeonghan dari rumah, karena pikiranku adalah membeli baru di Mbak Into My Eyes kayak tahun kemarin, dan mbaknya juga udah buka form reservasi. Lah ternyata ditungguin seharian Mbaknya nggak hadir. Sedih kuadrat. Aku terus wadul sama Oppa dia bilang “Makanya bawa kipas dari rumah.” HUHUHU.

Jadi atribut siapa yang aku pakai selama konser? Ya Joshua.

IMG_20180916_164206_HDR
Halo Han, maaf aku selingkuh dulu sama Shua ya. Abisnya gimana 😦

Tapi ya udah lah. Nah, terus kami bertiga ambil pose Sailormoon ala-ala pakai HPnya Mbak Ade. Caratbong memang cantik dan berguna sebagai properti berfoto yang aduhai. Fotonya di depannya Hall of Fame ini, soalnya kami bertiga pisah section. Mbak Ade sama Ulfie di Blue, kalo aku kan di Yellow. Biasa, daripada jompo menjadi-jadi mending cari aman aja.

1537148241237
Tentu bisa ditebak aku yang mana.

Nah, selama di holding Yellow ini, aku ditemani oleh anak-anak Carat Malang, kayak Kiki, Cynthia, Lele, Wiwi, Ayyu.. terus ada Intan juga. Mayan, dapet ngegosip dikit sama tidak seperti kesepian seorang diri. Cynthia pas di holding ini jajan tempe mendoan, dua lembar harganya 15 ribu, adem pula. Kebelet naik haji emang semuanya. Karena aku ke venuenya sore, tentu kelewatan histeria massa 2.0 di dalem holding. Padahal aku suka nontonin yang gitu soalnya itu zonk.

Terus masuk ke hall 3A, deh. Jujur ya, dari awal itu aku nggak ada ekspektasi yang agak gimana (kan udah hampir ga berangkat), jadi kayak ya udah dinikmati aja. Sampe di tempat, aku disapa sama sebelahku yang cantik jelita, namanya Hasna dari Yogyakarta (idk if you read this, but if yes, halo!!!). Dia biasnya Seokmin, dan kita berpegangan tangan dan saling menguatkan diri. Hasna bilang, “kalo aku nangis gapapa ya kak?” Oh tentu gapapa sayangku silakan aja. Aku awalnya sungguh mau diem, tapi kayaknya kebawa histeria massa di sini. Nyoba chanting, eh ternyata bisa. Padahal mana mungkin aku ada waktu untuk hapalin fanchant, ya enggak lah. Ngepol “Seungcheol Jeonghan Jisoo Junhui Soonyoung … Seungkwan Hansol Chan!” doang sebenernya.

Ternyata kalo sama-sama itu apa-apa bisa, lho. Apalagi sama kamu. (SIAPA)

Seperti biasa, kalo sebelum konser kan diputerin MV. Buset dah semangat semua di sini. Mana baris belakangku itu kayaknya bias Seungcheol aka Bapak Kemusuhan (akan dijabarkan di bawah) jadi setiap dia nongol di layar langsung teriak “KYAAAA CHOI SEUNGCHEOL!!!!!” Oke Mbak, belum mulai ini tolong sabar sejenak harap bernapas dahulu.

Terus lampunya redup, mulai deh. Aku mulai oleng dan saatnya berpegangan tangan sama Hasna. Oh ya, kalo konser tuh awalnya pasti ada Indonesia Raya. Bucin boleh, lupa sama bangsa sendiri jangan. Ini meskipun seating, tapi panggungnya berasa lebih deket daripada tahun kemarin. Layarnya juga lebih HD.

IMG_20180916_212047_HDR
Panggungnya itu, keliatan nggak? Lebih deket dan lebih sejajar sama yang seating jadi kita nggak nunduk liatnya.

Lepas Indonesia Raya kelar, matilah lampu itu dan kayaknya nyawa udah mulai terbang dikit dikit. Awalnya ada VCR. BAGUS PARAH VCRNYA TAPI BELOM DISHARE SAMA PLEDIS.

Habis VCR, terus membernya keluar dong. GANTENG DONG. MANTUL DONG. Terus kayaknya dizoom satu-satu ke membernya deh. Assalamualaikum calon imamku 1 sampai 13. Lagu pertama, Highlight versi 13 member. Aduh tolong ya ini baru lagu pertama kayak langsung digas gitu lo aku harus gimana. Bagus banget performnya, rapi dancenya, suaranya Seungkwan kayak keluar dari CD. Curiga selain ayam goreng mereka ini camilannya CD goreng.

Lagu kedua, Thanks. HUHU BAGUS SEKALI SFDSHKL rasanya kayak ambyor liatnya. Sumpah dancenya indah, terus fanchantnya rame. Berasa kayak konser di Korea. Ya Allah mana ganteng semua dandanannya BAGOS. Aku lambaikan tangan ke kamera ini boleh nggak ya padahal masih lagu kedua udah ga kuat… Hasna di sebelah udah histeris setiap partnya Seokmin. Aku histeris liat Jeonghan dan Shua. Klop sudah.

Habis itu VCR lagi. Pinter emang ya, dikasih peluang bernapas dan menenangkan diri dulu. VCRnya sumpah nggak ada yang cacat bosku bagus kabeh memantul.

Habis itu perform mix unit FLOWER.

FLOWER IS THE BITCH. Sumpah itu indah banget, baper nontonnya, semuanya sempurna. Lagunya aja udah didengerin bisa mencelos hati, apalagi nonton langsung. Tapi pas stage ini Wonwoo jatuh 😦 Semoga Wonwoo baik-baik aja sekarang. Jeonghan oh my God ini orang sebenernya bodinya ga atletis apa gimana tapi seksi. banget. He knows how to move his body.

Habisnya Flower, panggungnya redup sebentar. Eh eh ternyata NO F.U.N. Lengkap pake tongkatnya. Pukulin aku guys. Kalian semua mantap betul memantul sampe langit ketujuh notok pokoknya. Lagu kesenenganku semua sudah keluar lho gimana ya.. nyawa sudah amblas ini. Masih berapa lagu, Cik? Lemah amat nih. Nah, buat kalian yang mau tahu kira-kiranya NO F.U.N itu sangarnya kayak apa, check this out.

Tapi kalo yang asli bukan pake payung, tapi tongkat. PUSING.

Dan kayaknya anak-anak ini nggak ada iktikad baik buat ngasih aku yang jompo ini kesempatan buat tarik napas bentar ya. Masa habis ini lagunya Chuck.

YA HABIS DONG INI SUARA BUAT HISTERIS.

Tapi aku seneng sih awal-awal kayak langsung semangat 45, adrenalin tuh naik semuanya. Mana udah pada berkeringet kan ganteng banget basah hmm. Histeris sekali melihat bapa Seungcheol ngerap sama marah-marah. (Gaya ngerapnya kayak marah-marah). Ekspresinya bener-bener nggak nguati. Memancing kericuhan.

Habis itu terus Intro Ment. Kenalan gitu deh. Kalo ment gini sejujurnya nggak terlalu denger karena ketutup sama teriakan penonton sekalian. Ya intinya mereka ngomong sudah siap bersenang-senang. Oh tentu siap tok lek kene gengs silakan digaspol.

Terus habis ment mereka menghilang bentar, terus balik pake lagu.. Run to You.

Tahu nggak, lagu Run to You ini pake background rose quartz serenity gitu, terus kayak opening anime. Dibuka sama.. Hong Jisoo.

Otak tuh langsung putus rasanya cuma inget dan fokus sama Hong Jisoo. Sama Jeonghan aja lupa. Gila nggak. Mana suaranya lembut kayak malaikat jatuh dari surga. Dishoot selayar penuh, pas banget lagi backgroundnya gitu. Dalam hatiku sudah menangis histeris dasarnya bencong banget sama yang model anime gitu.

Tahu nggak, seumur-umur baru ini liat mata orang bisa bersinar bukan karena pake make up atau soft lens, tapi emang shining dari sananya? Ya Joshua ini gengs. Becanda banget ada manusia kayak gini di dunia. Kayaknya dulu di kehidupan sebelumnya aku berbuat baik, makanya bisa satu era sama Joshua.

Ini kayak alay ya, but you won’t believe it until you see it.

Kalo yang member lain tuh semuanya ganteng, Woozi gemes banget dia tampak manly tapi gemes (?). Jun ganteng parah, Pledis bikinin J-Unit aku pasti langsung PO albumnya.

Mingyu lho… dia lucu. Lainnya anak Seventeen itu ukurannya segitu ya, dia tuh gede sendiri kayak guk besar. Kayak golden retriever, terus kan dia rambutnya cokelat. Terus dia tingkahnya berlarian gitu persis deh. LUCU.

Kelar Run to You, langsung Beautiful. Kalem, my life is so beau~ti~ful. Makasih guys, kalian yang bikin hidupku beautiful tahu tidak. Lebih santai sih pas lagu ini, jadi bisalah tarik napas meskipun agak Senin-Kamis ya.

Lanjut. Change Up.

HUUUUUU KEMUSUHAN MULAI DEH BAPA CHOI SEUNGCHEOL PUSING HAMBAAA. Kalo sama lagu ini tuh inget kelar Diamond Edge tahun kemarin heboh sendiri nonton ini di kereta pas release. Tahun kemarin tuh bego, dispoilerin sama Hoshi nggak sadar semua. Semuanya kemusuhan, Woozi jadi manly x1000. Hoshi mah jangan ditanya, energetic and cheerful as hell. Ceria gitu lo suasananya.

Terus VCR lagi. Yang konser kali ini berasa VCRnya banyak banget, kayak bentar-bentar VCR tapi masa mau protes VCRnya ganteng lo.

Lha kok sambungannya Un Haeng Il Chi. Pernah aku link di postingan Diamond Edge tahun kemarin ya, tapi yang ini versi remix. SAKIT JIWAAA BAGUS PARAH GA ADA OBAT. Pusing kena anak-anak Hip-Hop ini semuanya gak sopan. Habis lagu ini terus mereka bawain lagu baru, judulnya Sukyo. Belum keluar ini di album mana pun. Jadi cuma melongo aja tapi pusing juga. Berasa dimarahin Bapak Seungcheol. Memang kemusuhan kamu runtuh daftar biasku.

Wonwoo ya Tuhan. Kok indah semua makhluk ciptaan-Mu. Aku mbok dikasih satu yang begitu 😦 Vernon plek bule banget sudah tidak tahu lagi aku gimana harus ceritanya.

Sumuk habis hiphop team, langsung diguyur suara surganya vocal team.

Lagu pertamanya Vocal Team tuh Habit. HUHUHU MASIH SURGA AJA NIH. Mana ganteng semua lagi halo Jeonghan Joshua tolong hentikan menyakiti hatiku yang lemah ini. Suaranya pas semua lagi. Yakin ini pasti camilannya CD goreng. Yang ini versi rearranged sih, jadi agak beda sama tahun kemarin.

Habis itu Pinwheel. HUWEEEE NANGIS SEBAK KAMAR MANDI. Suaranya bagus. Tolong dibagikan rahasianya dong ini Vocal Team gimana ya kok bisa gini semua suaranya. Aku cinta Vocal Team pokoknya kalo suruh milih aku milihnya Vocal Team. Lagu ini sebenernya ga terlalu pamer teknik yang gimana, tapi adem di hati. Alhamdulillah dikasih kesempatan dengerin lagu ini live.

Seriusan sih tapi, at some point on their VCR, tiba-tiba aja terlintas ya Allah terima kasih aku masih diparingi nonton, bisa ketemu temen-temen yang baik, yang humble, yang seru. Kayak, langsung damai dan blissful gitu.

Belom kelar nih ceritanya, Cik? Belom sis! Masih setengah jalan ini. Sekarang jatahnya Performance Team. Dibuka pakai lagu Swimming Fool remix. SERU. BANGET. Atmosfernya langsung terangkat dan bawaannya berasa ingin ginjal-ginjal tapi ingat kan duduk, kalo ginjal-ginjal nanti ambruk bisa celaka. Habis itu Jam Jam remix. Berasa kembali ke masa lalu kalo denger Jam Jam. Tapi yang ini disepuh (?) dikit jadi lebih syeru.

Aku belum cerita soal Dino sama The8. Jadi mereka ini sangat mantap sekali dancenya. The8 gayanya sangat inspiratif aku mau stylish kayak The8. Dino… wah sekarang Dino sedang meroket sister popularitasnya. Kayak kita semua dibukakan pandangannya “Nih gue oke kan!” sama Dino. Semua orang pulang Ideal Cut oleng sama Dino.

Aku juga jadi sayang Dino but for a very different reason. Nanti dulu.

Nah, kelar Performance Team, VCR lagi. Yang ini VCR mereka jadi Bong-Bong… Lucu mereka kayak di games mengejar berlian. Seungcheol lucu pollll jadi pemimpin bawa bendera, lainnya kayak menjiwai semua. Jeonghan pakai sayap, Shua pakai ukulele, Seungkwan bawa jeruk… pokoknya cocok semuanya. Mingyu bawa mic MC. Kali biar bisa ngomong terus (?)

VCRnya abis, mereka keluar lagi deh. Pakai baju Bong-Bong dong HALUS BANGET MEREKA kayak selimut bayi dikasih molto. Terus lagunya Thinking ’bout You. Pas ini, project fansnya ngangkat banner, agak gajelas sih tapi yaudah lah ya kita ramaikan aja.  Terus.. Hello. Hello ini lagunya Mingyu, DK, sama Jun. Semuanya pencuri hati para gadis terutama Mingyu. Tapi Mingyu keji, menghadap ke satu section terus. Pink A/B aku lupa. Ada siapa sih Ming aku jadi kepo lo. Terus mereka bawa bunga satu-satu, terus kelar lagu dilempar ke penonton sama pake sok tutup mata dan mukanya tengil gitu.

Minta dicium banget. (mensucikan diri)

Lanjutannya Rocket dari Team Rocket yaitu Shua dan Vernon. My beloved American Line. Gak nyangka dancenya selucu itu sumpahhhhhhh kita semua butuh DVD Ideal Cut (aku sih nunggu yang bagi link DVDRip aja). Tapi lagunya yang versi Inggris, aku nggak hapal. Tapi tetep seru dan gemes. Ingin kubawa pulang terus taksayang di rumah.

Langsung digeber sama Pretty U, lengkap sama sofanya. Aku kalo denger lagu ini rasanya kayak gimana.. gitu. Soalnya ini lagu pertama yang aku bener-bener jeblos ke Seventeen (album pertama yang aku punya). Tetap mantap koreonya dan pake sofa ini lo yang penting. Sofa adalah kunci. Oh ya, ini perform masih pake kostum Bong-Bong, lho!

VCR lagi. Jujur aku ga inget udahan isi VCRnya apa, tapi pokoknya bagus. Ada di alam liar gitu lah (?) Semoga aja VCRnya ntar dirilis sama Pledis kayak tahun kemarin biar bisa ditambahin di sini.

Konser SEVENTEEN tidak akan lengkap tanpa Shining Diamond dan Adore U, jadi pasti ada ini lagu. WOOOOW berapa kali pun nonton Shining Diamond ini tetap taken aback sama koreo dan suara mereka sumpah.. I dare to say they’re the next big thing in K-Pop. Terus Adore U. Silakan dicermati ya, versi livenya tuh beda banget sama yang studio version. Aku janji dengan jiwaku. Harus dengerin yang asli.

Habis itu dikasih lagu terbaru, Oh My! Wah yang pas lagu ini jangan ditanya fanchantnya. MENGGELEGAR BOS. Emang kita kan semangatnya berlebih ya, jadi jangan kaget. Gak ada apa-apa aja kita histeris, apalagi kalo ada apa-apa. SEVENTEEN ini kan itungannya apa-apa. Tapi kalo histeris bersama tuh kayak gapapa gitulo.

Bilangin, kalo apa-apa bersama tuh lebih cakep. Kamu kapan nih bersama aku /jyjyque

Oh, pas Oh My ini bannernya diangkat lagi. Gatau notice apa nggak, tapi notice kayaknya. Wong terus dibawa sama mereka bannernya. Dipake foto.

svt-banproj
Jadi bagus kalo bannernya dibawa mereka huwee sedih 

Terus ini Ment kedua. Ya biasalah sok-sokan ngomong udah mau buyar huhuhu jangan buyar dong aku masih mau liat kalian. Padahal juga tahu kalo dikadalin gitu. Tapi kita kan digitukan juga nurut aja. Habis itu lagu Clap.

Pas Clap ini kita sempet salah ngechant sih, duluan kita sama mereka. Diketawain deh sama Seungkwan ehehehehe. Tapi syeruu karena yang dibawain versi remix jadi partnya Shua sama Wonwoo jadi banyakan. Kepada Tuan Joshua, berapa kali pun bawa lagu ini aku tetap tidak akan pernah gwenchana ok.

Terus mereka ilang, ini waktunya ngechant ‘encore!’ berulang-ulang sampe mereka keluar. Padahal di dalem ruang ganti kali mereka udah keburu-buru ya, ga sempat napas, tapi di luar udah diteriakin encore encore buruan. Untung mereka baik. Kalo nggak bisa dimaki kita ‘diem dulu nape masih ganti bambang!’

Ternyata masih ada VCRnya gengs. terakhir ini. Sangat menyentuh. Lupa isinya cuma aku inget aku mau nangis nonton itu karena tersentuh sama mereka. They’re thoughtful and sincere. Aku yakin sih dateng dari hati ngomongnya, semoga. Thank you for being SEVENTEEN. 🙂

Terus lagunya Campfire. Nah pas encore ini udah pada ganti pakai kaus item yg Ideal Cut itu, punya Mingyu kutungan. Lengannya udah jadi lagi. Kurang ajar. Gak sopan. Jun sama Vernon juga pake kutungan. Awalnya aku ga suka lo sama lagu ini, soalnya kayak lagu K-Pop zaman dahulu. Tapi lama-lama luluh juga. Terus kan juga manis maknanya aw hatiku yang rapuh tersentuh.

Nah terus ending ment nih.

Aku sempat bilang kan aku jadi sayang sama Dino? Ini lo alasannya. Di ending mentnya, Dino tuh tanya ke kami semua rakyat seating, “Yang di atas keliatan nggak? Maaf ya kami ngga bisa liatin kalian satu-satu dan ngga bisa ngedeket ke semuanya.” Kan padahal kami biasanya dianaktirikan soalnya mereka ga keliatan.

MELELEH. MENANGIS.

Dino, kamu mau dunia ini kalau bisa takkasihkan sudah takkasih. You’re our hero. Selamat nak sekarang kamu jadi the next anak mahal. I love you. Parah.

Yang lainnya mentnya rata-rata ngomong kalo Jakarta sangat heboh. Jun bilang dia sampe takut atapnya mau runtuh saking on-firenya di sini. Mingyu terus sampe berkaca-kaca huhu jangan nangis aku nanti nangis juga. Joshua. Ya Allah. Matanya bersinar. Asli. Bukan efek kamera atau apa. Langsung pedhot 2.0 aku. Di sebelahnya Shua ada Jeonghan.. mereka bisik-bisik… kapalku tipis-tipis boleh lah. Siapa ya ngomong pokoknya teriakan kami semua ini sampe nembus in-ear mereka? Aku lupa. Pokok intinya mereka senang sekali.

Terima kasih, kita jauh lebih seneng kalian udah mau main ke sini lagi. Dan semoga doa kalian terkabul buat konser dengan venue lebih besar di sini.

Terus habis ment, lagunya Healing. Menurut hati hamba sih harusnya project fan tuh di lagu ini gitu, tapi siapalah aku ini ntar dibilang ‘mana karya elo?’ jadi oke aku diam saja. Nah, pas encore ini udah boleh ngerekam-ngerekam gitu. Aturan ngga boleh ngerekamnya strict banget, tapi ini sih yang bikin konsernya lebih pewe soalnya semua orang sibuk menikmati instead of busy recording. Dan aku juga bukan tipe orang yg merekam, jadi expect nothing ya.

Lagu terakhir, Aju Nice. Pas ini sebel banget endingnya :)) Udah kayak pamit mau selesai eh eh gajadi. Dua kali kayaknya gitu? Gemes banget pokoknya! Mereka tuh beneran all out banget menghibur kita semua. Meskipun capek, tapi seneng banget mukanya mereka. Beda sama tahun kemarin.

Dan dengan berakhirnya Aju Nice, selesai juga konsernya.

All in all ya, yang tahun ini beneran jauh banget sama tahun kemarin. Mecima ga drama, aturannya oke, rapi semuanya, ambiencenya megang banget. Salut sih sama semuanya, terutama kita semua yang udah tertib bikin konser lebih enak dinikmati semuanya. Tahun depan pengennya sih berangkat lagi, kalo bisa standing. Sepertinya bisa ginjal-ginjal lebih leluasa di standing /iyalah. Kelar konser aku difotoin sama Hasna. Aku juga fotoin Hasna balik.

 

 

IMG_20180916_212436_1537238668387
Kucel dan kusut rambutnya, tapi hati senang. 

 

 

 

 

Keluar dari venue, aku masih nungguin teman-teman di lobi karena banyak yang nitip barang dan lain sebagainya. Terus di lobi ini aku ketemu sama Nobi! Pagi sebenernya udah ketemu sama Nobi sih, tapi kan dia jualan dulu. Baru malem ini bisa ketemu dan fotoan sama Nobi. Makasih Nobiii lain kali harus ketemu lebih lama dan mari bergulung bersama biar kami asuh (?)

 

1537157976483
Pake filter karena sudah malam biar tida tampak mengenaskan amat /aku maksudnya. Kalo Nobi mah cantik terus uwu my sis :* 

Ingat nggak di atas aku bilang ingin kipas mbak IME? Nah ternyata pas aku mau ambilin barang temen-temen di atas, mbaknya ngetwit kalo di lobi Santika. Langsung menghampiri dan membeli kipas. Kenapa ndak dari tadi to mbak 😦 Tapi nggapapa lah yang penting dapat kipas.

 

IMG_20180917_184314
Aku adalah budak kipas lelaki tampan. Kalau beli di mbak IME pasti ada photocardnya. Value for money, checked.

 

Terus ngasihin barang temen-temen, bobok deh. Aslinya habis konser itu mereka pulang terus Seungcheol bikin V Live yang ASMR sekali berasa dibisikin secara personal. Aku baru dengerin ini tadi, tapi runtuhnya sama lah ya 11-12. Emang kardus. Pada curhat colongan ternyata pas V Live dia, ambyar mabur. Dia juga ngomong kalo Wonwoo baik-baik aja. Alhamdulillah 🙂

Selama konser ini, aku awalnya nggak ada ekspektasi yang bakal gimana, wong setlist nggak tau, streaming Ideal Cut negara lain juga enggak. Tapi ternyata berangkat tanpa ekspektasi tuh lebih mantap karena nggak tau habisnya ini apa. Lebih histeris, lebih menikmati, ginjal-ginjalnya maksimal. Aku sebenernya juga berencana kalo ini konser terakhirku, tapi nggak tau lagi deh. Kalau ada rezeki ya berangkat, kalau ndak ya sabar dulu 🙂 Tapi nagih sih, nggak rugi sumpah. Segala rupiahku impas sama yang mereka kasih.

If you fancy a whole audiovisual treat,  SEVENTEEN is ready to give you everything.

Nah, sekarang kalo konser tida lengkap tanpa fribis!

 

IMG_20180917_182806_HDR_1537186421248
TERIMA KASIH, CARATs! 

Karena tahun ini nggak ambisi kejar fribis, jadi memang dapetnya ga sebanyak tahun kemarin. Tapi ini tetap banyak kok, dan aku bersyukur sudah dikasih. Semuanya sudah ditag di thread freebies yang ada di Twitter! Terima kasih 🙂 Ini juga ada yang beli sih, misalnya stiker hologram Joshua sama gambar Jeonghan yang jaket merah. Mantap bukan. Ini akan kusimpan dengan baik!!

Sekarang ucapan terima kasih kepada semua yang sudah mendukung dan mengayomiku selama di Jakarta, mulai berangkat sampai pulang:

Mbak Endah, yang udah menjadi teman berangkat dan pulang karena flight kita sama terus. Yang sudah takrecokin senantiasa di DM Instagram. Ailavyu Mbak ayo kita mitup.

Mbak Adelia dan Ulfie, sebagai teman bobok, teman makan, teman segalanya selama di Jakarta. Terima kasih sudah mengayomiku huhuhuhu kalau tida ada kalian aku tida berangkat 😦 Mari berjumpa di ulang tahun tuan Hani. Sayang kalian ❤

1537148225980
Mukanya seneng semua uwu :* 

 

Cinop, Ami, Fidya, Galih, sebagai tim bagi fribis dan aku juga dapet fribis dari kalian uwu senang. Special thanks buat Galih karena menunjukkan posisi Mba Pinky. Smeoga bisa ketemua tahun depan.

Kak Tyaz, Kak Dini, Kak Gee, Mba Renata, dan semua teman-teman yang mampir ke kamar 326. Terima kasih! Semoga bisa ketemu tahun depan. Terima kasih juga freebiesnya ❤

Ayu, terima kasih atas bantuan beli tiketnya! Always trusted, always understanding. Terima kasih juga freebies dan ganci bong-bongnya ❤

Nobi, yang udah kasih aku freebies lucu plus ganci Hani, sama ngasihin pesenan A6 aku! Mari kita berjumpa lagi uwu tetap semangat dan positif aku sayang Nobi. ❤

Yellow Squad – Kiki, Intan, Ayyu, Cynthia, Lele, Wiwi, Caca, dan semuanya yang mungkin belom kesebut. Terima kasih suda mengayomi aku di Yellow saat sendiri uwu kalian semua memang hebatzz. Special thanks untuk Intan sudah bantu aku bagiin freebies.

Hasna, yang memegang tanganku di saat ambyar pas konser. Sayang aku lupa minta kontaknya 😦 Semoga selalu diberkahi Allah ya!

Oppa, yang kuriwuki dan kusambatin preconcert. Thank you, dude. Apalah aku tanpa sambat dan ngeruweng kepadamu hahahahaha.

Dan semuanya yang mungkin belum kesebut, terima kasih! Alhamdulillah yang kali ini lancar jaya meskipun tabungannya bolong, tapi impas. Nyaman dan senang. After all, that what matters in life, right?

Sebagai penutup, let’s meet again next year. 🙂

1537092674721
This was my widest smile for the first time after a while. 

Berhasil ketemu suami lagi dong aku. EHE.

Sampai jumpa di perjalanan berikutnya, semoga! ❤

 

p.s: all pictures are mine (taken by my phone, mbak adel’s phone, and nobi’s phone). SEVENTEEN pictures are from pledis_17 official account.

 

 

 

5 thoughts on “Ideal Cut Jakarta 2018: Histeria yang Nyata dan HQQ

  1. Emang malang tak dapat dicegah, untung itu sodaranya donal bebek. >> ini apa sih ya Allah😂😂😂

    Ternyata canggih ya, di Soetta tuh nggak usah sembunyi-sembunyi soalnya mereka udah ada pool dan tempat nunggunya sendiri gitu. Jadi kita pesen, terus nunggu di situ. Kalo mobilnya dateng, mas Grab-nya yang udah siaga di tempat nunggunya itu langsung manggilin kita. Memantul bosque di sini kapan nih. >> di sini masih monopoli teksi erpot :’) tida bisa murah :’)

    Semua yang melayang emang indah, kecuali hantu sama uang. >> #QOTD

    Kalian udah pada antre stafnya aja masih maem sama ngudud, gengs. >> ngelamar jadi staf pledis aja apa ya huhu

    Fansitenya tidak lain tidak bukan adalah Mbak Pinky yang cantiknya sundul langit ketujuh lah ya. >> mbak pinky lewat di depanku pas antre di pink b tapi aku gak ngeh itu dia😂😂

    Wes ya lanjut di twitter aku mau baca lagi hahahaha

    Like

    1. 1. tidak tau ya mbak itu mah random dari aku, kepikirannya gitu. aku mencoba mereceh dan gagal sepertinya hmmm hmmm
      2. iya yaaa aku shock diceritain mbak ade kemarin. mahal amat ampun bisa buat makan 3x di jakarta 😦 kapan kita bisa damai sama taksi online di sini
      3. aku mau sih ngelamar jadi staf pledis.. tapi aku bisa apa #persoalan
      4. HHHHH aku sedang puasa membahas mbaknya /bohong/ tetap ghibah di DM HAHAHAHAH

      anyway terima kasih mbak endah sudah mampir di blog semenjanaku ini!!! aku sayang mbak endah uwu ❤

      Like

Leave a comment